Tipe-Tipe Pembeli Yang Akan Kamu Temui

Dalam dunia bisnis perdagangan terutama berjualan online, kamu akan banyak sekali menemui karater unik dari pembeli yang dapat ditemui dalam transaksi jual beli secara online. Pembeli yang berbelanja memiliki tipe yang berbeda-beda, hal ini pasti banget relate dengan kamu selaku penjual. Banyaknya karakter ini membuat kamu harus bisa mengenal dan mengetahui seperti apasih pembelimu. Ini dia beberapa tipe pebeli yang akan kamu temui:

          1. Anti Ribet

Ini adalah tipe pembeli paling favorit nih. Ga pake babibu, liat produk, langsung order. Mereka memilih produk yang disukai atau yang sudah masuk dalam wishlist mereka, lalu melakukan pembayaran sesuai konfirmasi dari penjual tanpa banyak bertanya lagi. Pembeli seperti ini biasanya sudah menjadi pelanggan tetap atau sudah sangat sering belanja online, sehingga sudah paham betul apa yang harus dilakukan agar tidak menjadi wasting time hanya untuk menanyakan produk kepada penjual.

 

         2. Hit & Run

Tipe ini mungkin sangat tidak disukai oleh penjual, dan mungkin tipe pembeli ini yang wajib dihindari. Karena, kerjaannya nanya-nanya mulu tentang kejelasan poduk, tentang pengiriman barang, dan pertanyaan lainnya, bilangnya mau order produk yang sudah ditanyakan tersebut tapi saat di follow up, malah menghilang dan menggantung diproses pembayaran. Dan orderan tersebut akan otomatis ter-cancel.

 

          3. Ga Sabaran

Tipe pembeli ini emang ga sabaran banget. Baru order langsung menanyakan kapan barang yang ia beli sampai di tangannya.  Bahkan tiap jam nanya terus status barang udah sampai dimana. Untuk beberapa momen ini akan menganggu karena pada saat berjualan kita tidak hanya fokus membalas pesan yang menanyakan orderan mereka sudah sampai mana.

 

          4. Nego Afgan

Tipe pembeli ini sangat tidak mau rugi, saat berinteraksi dengan penjual, pembeli mengambil kesempatan untuk menawar harga produk yang akan ia beli, padahal harga produk sudah terpampang jelas di toko onlinemu, dan biasanya pembeli ini baru diawal chat langsung nego harga. Negonya juga ga main-main, Afgan banget. Sadis!!!

Baca Juga  Catat! 3 Cara Promosi yang Harus Kamu Hindari

 

          5. Diskon Hunter

Tipe pembeli ini biasanya nongol hanya pas ada diskon dan promo-promo menarik aja. Kalo ga ada diskon, biasanya dimasukin ke wishlist atau keranjang belanja tanpa diorder. Mereka mencari  dan hanya membeli produk diskon, lalu mencari tau promo-promo tambahan yang ada, seperti gratis ongkir, potongan harga dan lain-lain.  Hal tersebut dilakukan agar produk yang dibeli bisa se-minim mungkin harganya.

 

Nah, karena ada banyak banget tipe-tipe pembeli, sebagai penjual kamu harus memahami tipe pembeli yang akan kamu hadapi dengan berbagai macam pikiran yang beragam, agar bisa mengatur strategi pemasaran dan bisa mengambil hati pembeli untuk tetap tertarik kepada produk yang kamu tawarkan.

Yuk, sharing pengalaman kamu dalam menghadapi tipe-tipe pembeli, dan Jika kamu ingin menjalankan bisnis online dengan sistem dropship, kamu bisa bergabung dengan Komunitas Dropship JualanPraktis untuk mendapatkan berbagai tips dropship serta info launching aplikasi JualanPraktis yang akan sangat membantu kamu melakukan dropshipping.

Bagikan:

Selamat Datang di JualanPraktis

Halo! Yuk pilih chatting dengan tim kami yang sesuai dengan kebutuhan kamu

Chat Disini

1
Don`t copy text!