Jualan Itu Seperti Cari Jodoh, Bener Gak Sih?

Kamu tau ga? Punya konsumen itu seperti punya pasangan hidup alias “jodoh” ? Bedanya hanya dalam segi jumlah aja, kalau jodoh yang kamu cari itu cukup satu, tapi kalau konsumen harus banyak.

Kamu harus mengenali konsumen dulu, baru bisa menawarkan produkmu. Sama seperti menemukan jodoh kan? Kamu harus pendekatan dulu dan saling mengenal, kalau tiba-tiba tanpa ada proses tiba-tiba kamu bilang “yuk nikah” itu bakalan dapet respon gimana? Diterima atau ditolak? Kebanyakan pasti langusng ditolak.

Ada beberapa proses yang harus kamu lakukan saat ingin mendapatkan interested dari pembeli kamu, hal ini dilakukan agar kamu tidak ditolak mentah-mentah dan agar produk yang kamu jual bisa laris manis menjadi incaran banyak konsumen. Yuk lakukan proses-proses ini dulu :  

 

          Kenalan Dulu

Get to know your customers first.. Kamu bisa cari tau tentang konsumenmu dari segi latar belakang, dari segi karakter dia seperti apa dan kesukaan dia apa, kamu juga harus pikirkan manfaat apa yang bisa kamu berikan untuk dia, dan cari tau juga tentang apa masalah dia yang mungkin bisa kamu selesaikan. Contohnya seperti, kamu menjual produk fashion, lalu konsumenmu memiliki masalah berat badan dan kurang percaya diri, nah disitulah kamu bisa memberi solusi dan menyelesaikan masalahnya dengan merekomendasikan produk jualanmu yang cocok dengan konsumen tersebut.

 

          Berkorban Dulu

Saat meyakinkan “pasangan hidup” kamu tentu harus mengeluarkan usaha yang lebih agar dia bisa percaya dengan kamu, dengan keseriusan kamu juga. Nah sama aja dengan berjualan dan meyakinkan konsumen, kamu harus berkorban duluan untuk bisa mendapatkan kepercayaannya, lakukan efforts yang lebih agar bisa mengambil hati konsumenmu. Banyak hal yang bisa kamu lakukan, seperti memberikan konten bermanfaat, visualisasikan produkmu secara bagus, bisa juga menggunakan iklan berbayar sebagai salah satu usaha yang kamu lakukan agar bisa dilihat oleh banyak konsumen, dan interaksi ke calon konsumen a, b, c sampai z.

Baca Juga  3 Kesalahan Pebisnis Pemula Yang Harus Dihindari

 

          Ambil Hatinya

Kalau waktunya sudah tepat tepat karena telah melakukan 2 proses di atas, pasti konsumen sudah merasa nyaman dan  mengenal produk jualanmu kan. Inilah saatnya kamu untuk mengambil hatinya dan kamu bisa kejar untuk mulai melakukan promosi yang rutin, dan kemungkinan bisa saja konsumen yang ngejar kamu balik untuk menanyakan “produk ini ready ga ya?”. Manfaatkan kesempatan bagus ini ya, kamu harus bisa mengambil banyak hati konsumen untuk peningkatan penjualan produk pada bisnis online yang kamu jalani tentunya.

 

          Perjuangan Tidak Sampai Disana

Sama seperti jodoh, saat kamu sudah mendapatkannya gak mungkin kamu hanya membiarkan saja, kamu harus tetap rawat kedekatan, dan tetap perhatian agar bisa “langgeng”.  Jangan sampai deh seperti pepatah “habis manis sepah dibuang” pas sudah didapatkan lalu dibuang gitu aja. Ini cukup penting juga, perlakukanlah hal yang sama kepada konsumen kamu harus bisa menjaganya dan tetap merawat konsumen-konsumen yang sudah kamu ambil hatinya tadi lewat interaksi yang kamu buat, jangan sampai konusumenmu kabur gitu aja atau bahkan malah berpaling kepada yang lain! Ingat persaingan jualan itu ketat banget lho.

 

 

Jangan sampai perjuangan kamu sia-sia ya, saat kamu sudah mengejar dan mendapatkan hatinya, lalu kamu lepas begitu saja. Karena jualanmu tidak akan berkembang jika tidak ada konsumen. Jika kita hidup membutuhkan “pasangan” makanya kita melakukan proses cari jodoh, maka jualan juga pasti membutuhkan “pembeli” kan.

Ohiya, kalau kamu ingin meningkatkan bisnis jualan online dengan mencoba tips atau trik menarik tentang bisnis online lainnya,  kamu bisa bergabung dengan Komunitas Dropship JualanPraktis untuk mendapatkan berbagai macam tips dan edukasi tentang bisnis online terutama menjadi dropshipper, serta ada juga info launching aplikasi JualanPraktis yang akan sangat membantu kamu melakukan dropshipping.

Bagikan:

Selamat Datang di JualanPraktis

Halo! Yuk pilih chatting dengan tim kami yang sesuai dengan kebutuhan kamu

Chat Disini

1
Don`t copy text!