Ikuti 5 Tips Ini Untuk Mengatur Keuangan Dengan Mudah

Mengatur keuangan memang terkesan susah-susah gampang, karena mengatur keuangan bukan saja memperhitungkan setiap pemasukan dan pengeluaran, tapi juga belajar bagaimana cara keduanya berjalan seimbang.

Menabung itu jelas tidak mudah, maka dari itu dibutuhkan tekad yang bulat dan pengelolaan keuangaan yang baik agar bisa menyisihkan pendapatan kita agar lebih maksimal. Kamu bisa gunakan 5 tips mudah ini untuk mengatur keuangan yang kamu miliki :

 

          1. Punya Anggaran Keuangan

Perhitungan banyaknya biaya yang diperlukan untuk pribadi, untuk bisnis, serta biaya-biaya lainnya, buatlah daftar anggaran menjadi beberapa bagian, seperti kebutuhan harian, tagihan bulanan, transportasi tabungan. Setelah menerima penghasilan, kamu bisa langsung pisahkan sesuai kategori yang ada pada daftar anggaran keuangan yang kamu buat. Adanya anggaran keuangan ini mempermudah kamu mengetahui kemana saja uang yang selama ini dikeluarkan.

 

          2. Sisihkan Uang Untuk Dana Darurat

Dana darurat itu sangat penting, Kamu bisa memanfaatkan dana darurat yang kamu miliki sebagai recovery atas permasalahan yang kamu alami. Untuk menjaga keuangan tetap aman, kamu harus memaksakan diri untuk menabung. Namun tak habis di situ, kamu juga harus mempunyai dana darurat karena kita tidak akan tau hal apa yang akan terjadi di hari esok.

 

          3. Alokasikan Untuk Tabungan

Buatlah alokasi tabunganmu untuk jangka panjang atau jangka pendek, agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dan masa depan.

Selain mengalokasikan penghasilan untuk dana cadangan atau darurat,kamu juga perlu mengalokasikan penghasilan untuk keperluan diluar kebutuhan rutin. Antara lain pengeluaran untuk tabungan, asuransi, dan investasi. Sisihkan kurang lebih 25% hingga 30% dari total pendapatan kamu untuk tabungan, asuransi, dan investasi.

 

          4. Bedakan Kebutuhan Dan Keinginan

Agar tidak terkesan boros, kamu harus bisa membedakan pengeluaran untuk kebutuhan dan keinginan, karena kebutuhan tidak akan lepas dari kehidupanmu sehari-hari sedangkan keinginan lebih bersifat tambahan. Maka dari itu, kamu harus segera memisahkan anggaran untuk kebutuhan dan anggaran untuk keinginan. Jangan sampai kamu menghabiskan semua uang untuk keinginan, dan yang menjadi kebutuhan malah tak terpenuhi.

Baca Juga  Tips Menentukan Nama Untuk Olshop Kamu

 

          5. Kalkulasikan Seluruh Pendapatan

Kamu bisa menggabungkan semua pendapatakan dari gaji bulanan, upah lembur, dan penghasilan tambahan. Tujuan dari hal ini untuk mengetauhi seberapa besar jumlah dana yang bisa dialokasikan untuk masing-masing kebutuhan. Agar tidak lebih besar pengeluaran dari pada pendapatan.

 

Itulah beberapa tips mengatur keuangan yang terencana untuk para generasi milenial di masa yang akan datang. Meskipun sulit memulai dan terasa berat di awal, percayalah, nantinya hasil yang kamu dapat akan sangat menguntungkan di kemudian hari. Yang terpenting adalah niat, konsistensi dan disiplin. Jadi jangan hanya menikmati hidup untuk hari ini saja ya, kamu juga harus bisa menikmati hidup untuk di masa depan nanti!

Last but not least, mengatur keuangan butuh komitmen. Tanpa komitmen, kamu akan terus terjebak dalam “lingkaran setan” yang akan terus menjeratmu, sambil berkata “Uang baru masuk kok udah abis aja ya”

Oiya, kamu bisa bergabung dengan Komunitas Dropship JualanPraktis untuk mendapatkan berbagai macam tips dan edukasi tentang bisnis online terutama menjadi dropshipper, serta ada juga info launching aplikasi JualanPraktis yang akan sangat membantu kamu melakukan dropshipping.

Bagikan:

Selamat Datang di JualanPraktis

Halo! Yuk pilih chatting dengan tim kami yang sesuai dengan kebutuhan kamu

Chat Disini

1
Don`t copy text!