Bisnismu Punya Pesaing? Siapa Takut!

Hal yang paling penting saat berbisnis terutama berjualan adalah mengamati kompetitor, terutama buat kamu yang membanding-bandingkan toko satu dan lainnya. berjualan produk mainstream dipasaran, karena pembeli bisa saja

Keberadaan kompetitor akan mempengaruhi tingkat penjualan kamu baik secara langsung maupun tidak langsung. Maka dari itu perlu banget untuk kamu memantau apa yang dilakukan oleh kompetitor atau pesaing bisnis yang kamu jalani.

Maka dari itu, kamu harus tau beberapa hal yang perlu kamu amati agar jualanmu tidak kalah bersaing dengan kompetiormu :

 

          1. Harga

Kamu bisa tau harga yang pas untuk produk yang kamu jual itu saat kamu mengamati kompetitormu. Mulailah untuk membandingkan harga dari kompetitor dari yang terlaris, amatilah harga produk mereka, dan amati juga strategi apa yang mereka gunakan untuk penulisan harga produk pada toko online, lalu apakah mereka menggunakan diskon, free ongkir atau stategi lainnya untuk promosi.

 

          2. Tampilan

Bisa kamu amati melalui desain toko mereka di Instagram feeds, website, dan akun media sosial lainnya. Amati juga tampilan untuk “packing produk” yang mereka gunakan seperti apa, apakah menggunakan box dengan desain? Atau mungkin keamanan produknya terjaga karna menggunakan bubblewrap. Hal ini cukup penting karena pembeli akan merasa senang jika produk yang mereka beli memiliki tampilan yang bagus dan aman.

 

          3. Copywriting

Copywiting itu penting untuk menarik perhatian pelanggan, kamu harus mempelajari bagaimana cara kompetitormu menulis caption pada postingan media sosial, saat membuat konten, bahkan saat menulis judul dan deskripsi pada produk jualannya. Setelah mengamati kompetitormu, kamu harus banyak mempelajari juga tentang copywriting untuk bisa meningkatkan interest pembelimu melalui tulisan yang ada di toko online yang kamu buat.

 

          4. Pelayanan

Amatilah cara pelayanan kompetitormu melalui balasan atau respon pada komentar-komentar media sosial yang mereka gunakan. Jika ingin mengetahui lebih lanjut, kamu juga bisa coba untuk chat admin kompetitormu, seakan-akan kamu adalah calon pembelinya, hal ini dilakukan untuk tau bagaimana pelayanan yang diberikan kepada calon pembeli melalui private chat.

 

Baca Juga  3 Cara Menghasilkan Uang Hanya Dengan Smartphone

 

4 hal tersebut bisa kamu terapkan dengan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) dan tetaplah beri yang terbaik untuk bisnismu sendiri. Perlu strategi khusus dan tetap up-to-date dengan perkembangan bisnis khususnya apa yang dilakukan oleh kompetitor untuk persaingan bisnis. Karena prinsip ATM ini sudah lumrah dan mudah untuk dijalankan dengan hasil yang maksimal. Kamu harus lebih aware terhadap prinsip ini karena bisa jadi kompetitor kamu juga sedang melakukan prinsip ATM ini terhadap perusahaan dan produk.

 

Jika kamu baru memiliki rencana untuk membangun bisnis online tapi takut dengan pesaing, jangan khawatir.. Kamu bisa bergabung dengan Komunitas Dropship JualanPraktis untuk mendapatkan berbagai macam tips dan edukasi tentang bisnis online terutama menjadi dropshipper, serta ada juga info launching aplikasi JualanPraktis yang akan sangat membantu kamu melakukan dropshipping.

Bagikan:

Selamat Datang di JualanPraktis

Halo! Yuk pilih chatting dengan tim kami yang sesuai dengan kebutuhan kamu

Chat Disini

1
Don`t copy text!